Pupuh durma dina sapadana diwangun ku

Pupuh durma dina sapadana diwangun ku

Pupuh Durma Dina Sapadana Diwangun ku – Durma termasuk salah satu dari 17 pupuh Sunda. Dimana ciri khasnya terletak pada isinya yaitu tentang  perang dan nafsu. Tidak hanya itu liriknya juga terikat oleh patokan jumlah baris dalam satu bait.

Tembang  ini juga mempunyai aturan yaitu  memiliki jumlah suku kata setiap baris dan  bunyi akhirnya harus huruf vokal. Pupuh durma dina sapadana diwangun ku tujuh padalisan terdiri dari 12a, 7i, 6a, 7a, 8i, 5a, 7i.

Pupuh durma dina sapadana diwangun ku

Dalam istilah pupuh Sunda terdapat bait atau dalam bahasa Indonesia disebut pada, sementara padalisan yang artinya baris. Sedangkan guru wilangan adalah jumlah suku kata. Kebiasaan di dada durma mewakili rasa benci, tawa dan dingin.

Setelah mengetahui jawaban dari pupuh durma Dina sapadana diwangun ku 7 padalisan. Anda juga perlu tahu bahwa  tembang Sunda itu terdiri dari 17 jenis antara lain sinom, kinanti, asmaradana dan masih banyak lagi.

1. Pupuh Asmarandana

Pupuh asmarandana adalah tembang dari sunda yang berwatak ayaah, deudeuh, kabirahian. Semuanya perasaan itu ditujukan kepada keluarga, sahabat, kekasih dan pasangan. Umumnya terdiri dari 7 padalisan.

Ciri Pupuh asmarandana yaitu memiliki guru lagu dan wilangan yang terdiri dari 8i, 8a, 8e/o, 8a, 7a, 8u dan 8a. Umumnya pada baris ke-3 bunyi huruf vokal adalah e. Sekar ageung ini  menceritakan tentang orang yang sedang kasmaran.

2. Pupuh Kinanti

Pupuh Kinanti merupakan tembang Sunda yang menggambarkan perasaan sayang, khawatir dan menunggu. Ciri dari tembang ini yaitu memiliki 6 baris padalisan setiap baitnya. Pola guru lagu dan wilangannya yaitu 8u, 8i, 8a, 8i, 8a, 8i.

Perlu diketahui bahwa pupuh ini sangat unik daripada yang lain karena setiap baris pada lisan dalam  kinanthi hanya terdiri dari 8 suku kata. Tembang ini juga bisa diartikan bahwa seseorang sedang memasuki masa remaja.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa jawaban dari pupuh durma dina sapadan diwangun ku 7 padalisan yang terdiri dari 12 a, 7i, 6a, 7a, 8i, 5a, 7a. Dalam tembang ini liriknya terkait oleh aturan tiap baris.

Sumber informasi: https://gokemedia.com

Sumber : https://www.lenteraprivat.com

Posted in Tips